Selasa, 16 April 2013

C? Apa maksudnya huruf C? Beginilah ceritanya.
C adalah abjad dengan urutan ketiga dari 26 abjad yang kita gunakan dalam menuliskan kata-kata. Tapi bukan itu yang Saya bahas di sini nanti. hehehe.
C yang Saya maksud di sini adalah salah satu jenis bahasa pemrograman, layaknya Python, Pascal, Java, PHP, ya sebangsa itulah :-). Karena yang nemuin bukan orang Indonesia, jadi bacanya jangan "Ce" ya, tapi baca aja "Si" biar keren :-).

Pada coretan ini kita belajar memulai untuk membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Program yang akan kita buat adalah program console (layar hitam-putih) yang mengeluarkan output tulisan sederhana. Sebelum memulai untuk memrogram (atau biasa disebut coding), perlu disiapkan sebuah compiler untuk mengubah kode program menjadi program yang bisa dijalankan. Nah, pada pembahasan ini Saya menggunakan compiler bernama Dev C++. Dev C++ ini merupakan editor + compiler kode program berbahasa C dan C++ (C++ apaan tuh? nanti aja deh bahasnya, C dulu). Tugas Dev C++ ya berarti sebagai tempat kita membuat kode dan menerjemahkan kode tersebut menjadi file aplikasi *.exe yang siap dijalankan.

Hah? Belum install Dev C++? Nggak keren.. Biar keren, anda bisa download installernya di http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html.

Instalasi Dev C++ nya nggak ribet kok, tinggal ekstrak file zip nya, jalankan file dev-cpp.exe kemudian next-next aja.

Nah, inilah tampilan Dev C++ yang sudah diinstal di komputer kita.
untuk memulai mengcoding , klik File > New > Source File.
Sudah? Lalu tuliskan kode berikut ini di dalam editornya.
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
int main(){
    printf("Hello World!");
    system("pause");
    return 0;
}
Kode program di atas adalah kode untuk menuliskan kata "Hello World!" pada layar. Setelah mengetikkan kode tersebut, silakan tekan menu "Compile and Run" atau tekan F9, lalu tulisan "Hello World!" akan tampil pada layar hitam putih komputer Anda. Selamat mencoba, dan Happy Coding :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog