Sabtu, 02 November 2013

"Anda lahir pada Selasa Legi, tidak cocok bekerja di air"
"Malam ini adalah malam Jumat Kliwon, serem ih"
Pernah dengar kata-kata seperti di atas? Istilah-istilah ini muncul dari orang-orang Jawa yang mempercayai keunikan-keunikan tertentu di hari-hari tertentu.

Kliwon dan Legi adalah merupakan hari pasar Jawa. Hari pasar Jawa keseluruhan adalah Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage. Orang-orang Jawa mengombinasikannya dengan hari dalam satu pekan (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu), dan penggunaanya biasanya dapat ditemui pada sistem hari lahir yang disebut Weton. Weton digunakan untuk menyebut hari lahir seseorang, seperti pada kalimat awal coretan ini.

Ya, berhubungan dengan Weton ini, saya membuat kalender yang dapat melihat keseluruhan weton sepanjang masa. Wetondar namanya, yang diambil dari kata Weton Calendar. Wetondar ini bisa digunakan untuk kalender masehi sepanjang masa loh :D karena pola dari kalender sepanjang masa sudah dipetakan dalam satu kotak Wetondar ini. Tapi untuk versi ini, kita bisa melihat tanggal diantara rentang tahun 1600 - 2299 Masehi. Tunggu versi berikutnya ya kalo mau lihat versi sebelumnya atau setelahnya.

Wetondar bisa diakses melalui link http://wetondar.najibnasich.hol.es/
Seperti ini tampilan website nya :

Cara Penggunaan Wetondar
Berikut ini adalah bagaimana cara menggunakan Wetondar untuk melihat kalender di suatu bulan, atau juga untuk melihat weton seseorang dari tanggal lahirnya. Sebagai contoh adalah tanggal lahir Saya pada 20 Maret 1991.

Pertama, geser bagian bulan menuju daerah yang dipilih. Abaikan hari weton dan tanggalnya, karena kedua elemen tersebut akan mengikuti pergeseran elemen lainnya.
Contoh, untuk memilih bulan Maret, maka geser bagian bulan MARET hingga berwarna kehijauan (ditunjuk dengan label "BULAN YANG DIPILIH") dan membentuk seperti berikut :

Informasi :
Di bagian bulan ini, ada 14 macam bulan. Ke-14 bulan diambil dari 12 bulan masehi yang ada (Januari, Februari, Maret, hingga Desember), hanya saja untuk Januari dan Februari dipecah menjadi 2 bagian, yakni yang biasa dan yang kabisat (tahun kelipatan 4). Kenapa dipecah? karena dari polanya sendiri dalam kalender masehi, di tahun kabisat kedua bulan ini berbeda dengan tahun-tahun yang non kabisat karena penambahan 1 hari di bulan Februari Kabisat, sehingga berpengaruh pada hari-hari sebelumnya.

Kedua, tentukan tahun dengan menggeser bagian Tahun (2 digit awal). Tidak perlu mengubah 2 digit awal, cukup dengan mengarahkan 2 digit awal hingga menunjuk pada 2 digit akhirnya yang berada tepat di atasnya. Sebagai contoh, untuk memilih tahun 1991 saya harus menggeser bagian tahun (2 digit awal) dengan memfokuskan angka 19, menunjuk pada angka 91 di bagian atasnya. Berikut tampilan untuk memilih tahun 1991:

Ketiga, lihat bagian tanggal dan hari weton. Tanggal dan hari sudah disesuaikan dengan bulan dan tahun yang dipilih. Misal untuk melihat weton di tanggal 20 di bulan Maret 1991, maka hari wetonnya adalah hari Rabu Pahing yang berada tepat di atasnya. Berikut tampilannya :

Selain untuk melihat weton, wetondar ini bisa digunakan sebagai kalender bulanan loh. Misal, untuk bulan November 2013 begini tampilannya :
Ketika ganti bulan, tinggal geser saja. Jadi nggak perlu beli kalender kan? Kecuali kalo mau lihat hari libur :D
Silakan coba langsung di http://wetondar.najibnasich.hol.es/

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Najib Nasich Blog