Sabtu, 30 Maret 2013

Pernah naik pesawat terbang kan? Jika pernah, tentu Anda mengenal istilah boarding. Boarding merupakan proses pengisian kursi penumpang sebelum akhirnya pesawat melakukan take off. Nah, waktu saya mengambil kuliah Riset Operasional semester 4, saya bersama 3 teman saya membuat riset paper mengenai Boarding, dan menghasilkan aplikasi bernama Caagnavi.

Kenapa Caagnavi? Nama ini kami ambil dari nama saya dan teman-teman saya yang menjadi tim saya dalam mengembangkan aplikasi ini, yakni Candra, Agus, Najib, dan Virky.

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk menyimulasikan proses boarding, sehingga dapat diketahui waktu yang dihabiskan untuk proses boarding dengan pola tempat duduk tertentu.
Berikut ini screenshotnya :
Aplikasi ini dibangun menggunakan Windows Form dengan bahasa pemrograman C#, karena kemampuan saya untuk membuat aplikasi pada saat itu cuma bisa bikin pakai Windows Form yang mulai saya pelajari dari semester 2.

Pada aplikasi ini, ada dua pilihan untuk menyimulasikan proses boarding. Pilihan pertama, pengguna membuat pola duduk dan tipe tempat duduk pada pesawat yang dirandom oleh aplikasi dengan menginputkan jumlah baris dan kolom. Kemudian aplikasi pun menyimulasikan pergerakan penumpang dari pintu masuk hingga sampai pada kursi tempat duduknya. Proses pemasukan bagasi pun dihitung dalam aplikasi ini. Jumlah bagasi juga dibuat random untuk tiap penumpang.

Pilihan kedua, pengguna aplikasi dapat menggunakan file konfigurasi pesawat yang sudah kita sediakan. File konfigurasi yang kita sediakan waktu ada GA Boeing 737-500 12 C 84 Y, Sriwijaya 737-200 130 Y, dan Wings Air 80 Y. Masing-masing dari ketiganya kami sediakan pola duduk antara lain Back To Front, Outside-In, Random, ReversePyramid, dan Rotating Block. Dengan pola konfigurasi yang sudah dipilih, aplikasi menjalankan simulasi dengan tatanan pola tempat duduk seperti kondisi pesawat yang dipilih. Kisaran waktu boarding pun tidak jauh berbeda untuk satu tipe saat dijalankan berkali-kali.
Sebenarnya kami banyak terbantu oleh salah satu anggota kami yang banyak mengerti mengenai pesawat, yaitu Virky. Virky ini seorang pebisnis muda yang bergerak di bidang penjualan tiket pesawat, nama usahanya instanTicket (sekalian promosiin nih ceritanya, hehe).

Ya begitulah aplikasi Caagnavi yang pernah saya buat beserta teman-teman saya. Komentar dan saran silakan tulis di bawah ya :)

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Najib Nasich Blog