Selasa, 09 April 2013

Hari Sabtu lalu saya pulang ke Gresik. Kampungku ada di kecamatan Dukun, Gresik bagian pelosok barat agak ke utara. Saat balik ke Surabaya di malam Minggu, saya melewati desa Sampurnan, kecamatan Bungah, Gresik. Pas lewat sana, kebetulan pas ada momen Haul Kyai Bungah. Di setiap tahun warga bungah memperingati Haul untuk mendoakan Kyai-Kyai Bungah yg sudah wafat. Orang-orang pun banyak yg berkunjung ke Bungah untuk berziarah. Nah, selain banyak orang berziarah, pas haul ini juga banyak orang berjualan dan juga pertunjukan-pertunjukan. Ramai lah pokoknya.

Tapi bukan tentang keramaian Haul Bungah yang saya ingin ulas di sini. Tapi tentang makanan khasnya, yakni bubur Harisah. Bubur ini termasuk makanan kesukaan saya, karena pas sudah masuk ke tenggorokan rasanya nikmat sekali bagi saya. Ketika saya menyadari bahwa saat saya melewati desa Sampurnan itu bertepatan dengan keramaian Haul Bungah, yang saya pikirkan ya bubur Harisah. Hehe. Akhirnya belilah saya, Bubur Harisah 0,25 Kg seharga Rp 20.000,00.

Konon makanan ini berasal dari Timur Tengah (eh lupa, atau Arab Saudi ya?). Bahan utama bubur ini adalah daging kambing dan gandum. Itulah yang membuat harganya mahal. Selain karena bahannya, harga mahalnya juga dikarenakan proses pembuatannya sulit dan lama. Karena proses yang sulit itulah yang juga membuat bubur ini jarang terlihat di hari-hari biasa. Munculnya hanya pada momen haul Bungah saja.

Pengen tau wujudnya? Ini dia Bubur Harisah yang saya beli di Bungah.

{ 8 komentar... read them below or Comment }

  1. Apakah bubur harisah dijual dihari-hari biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijual kakak itu yg jual sepupu aq soalnya jdi sya tau

      Hapus
    2. maaf nih jarang nongol di blog, boleh di DM aja ke IG ya https://instagram.com/najibnasich

      Hapus
  2. Apakah bubur harisah dijual dihari-hari biasa?

    BalasHapus
  3. Mbak Nur, Yang saya tahu harisah di jual pas waktu event Haul di Bungah Mbak,
    mungkin ada beberapa yang bisa diorder di hari biasa, cuma tempatnya dimana saya kurang tahu :D
    mungkin bisa langsung tanya ke orang Bungah-Gresik saja.

    BalasHapus

- Copyright © Najib Nasich Blog