Rabu, 24 April 2013

Pernah terpikir negeri kita ini tak memiliki budaya? Pernah terpikir bahwa wayang, ondel-ondel, gamelan, semua itu adalah berasal dari negeri lain? Tapi mungkinkah? Jawaban itu ada dalam diri kita masing-masing, sebagai anak bangsa Indonesia. Iya, tergantung pada diri kita, karena nasib budaya ini bergantung dengan apa yang kita lakukan. “Tidak mungkin”, apakah itu jawaban anda? Jika memang benar, artinya anda memiliki rasa cinta terhadap budaya kita sendiri. Namun apa wujud cinta kalian itu? Sudahkah ada usaha yang kalian tunjukkan untuk melestarikan budaya kita?

Pertanyaan itu sepertinya tidak pantas saya pertanyakan kepada para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika PENS. Pasalnya, mereka-meraka ini telah membuktikan adanya rasa cinta yang begitu kuat terhadap budaya Indonesia melalui kegiatan bertajuk “ENUMERATION 2013”, yang merupakan akronim dari Exhibition of Youth Marketing, Entertainment, Art, Technology Competition. Wujud cinta mereka akan budaya diperlihatkan dengan pemilihan tema kegiatan ini, yakni “Teknologi untuk Budayaku”. Tidak cuma dalam temanya aja loh, maskot-maskotnya pun “Indonesia banget”, dengan baju batik yang bercirikhaskan Indonesia. Ini dia penampakan maskot-maskotnya yang Nampak dalam poster enumeration berikut.
 teknologi untuk budayaku
Poster enumeration 2013

Maskot Workshop SEO

Maskot Lomba Cipta Game Kreatif

Maskot Digital Magazine

Maskot Blog Competition

Maskot Photography on The Spot

Eh sebentar, acara apa sih Enumeration itu? Nah, tepat sekali pertanyaan itu diluncurkan di sini. Inilah jawabannya. Serangkaian acara dalam Enumeration ini diadakan setiap tahunnya oleh organisasi yang dikenal sebagai HIMIT ini. Untuk tahun ini, acara yang digelar pada bulan April hingga Mei 2013 ini memiliki beberapa acara untuk melestarikan budaya ini, yakni Digital Magazine Competition, Blog Competition, Lomba Cipta Game Kreatif, Workshop SEO, serta Photography on The Spot. Acara puncak digelar pada Exhibition pada tanggal 11-12 Mei 2013, dengan bazar, pameran, games, serta penampilan band. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa Teknik Informatika PENS mengenalkan teknologi untuk pelestarian budaya Indonesia sebagai identitas mereka sebagai anak bangsa kepada masyarakat.
Mau informasi lebih detail? Oke, saya akan menginformasikan detail acara Enumeration 2013 ini. Beginilah penuturan penyelenggara kegiatan dalam website resmi enumeration HIMIT PENS ini.

  • Digital Magazine (D'Magz) adalah sebuah kompetisi di bidang teknologi informasi dalam bentuk pembuatan majalah digital bertemakan "teknologi untuk budayaku" yang dibuat dengan software flash. Peserta merupakan kalangan umum yang terdiri maksimal 3 orang dalam 1 tim.
  • Photography On The Spot (P'Spot) adalah kegiatan bertajuk Lomba Fotografi dengan tema "kemeriahan Enumeration" yang diambil pada tanggal 11-12 Mei 2013 pada acara enumeration 2013 di gedung D4 Teknik Informatika kampus PENS. Kegiatan ini dibuka untuk SMA/SMK, mahasiswa, dan umum.
  • Blog Competition (B'Comp) merupakan kegiatan lomba blog dengan tema "Teknologi untuk Budayaku" untuk tingkat SMA/SMK dan mahasiswa/umum.
  • Lomba Cipta Game Kreatif (LCGK) adalah  lomba untuk menguji kemampuan mengembangkan aplikasi game dalam bentuk desktop, mobile, maupun web dengan tema bebas. Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMA/SMK dan kategori mahasiswa/umum.
  • Workshop SEO adalah seminar yang membahas tentang teknik-teknik pengoptimalan website pada search engine. Workshop ini bertemakan "Optimasikan Websitemu dengan SEO" dengan pembicara Budiono, ST., MT (Owner Istana Hosting) dan Ali Ridho B. S.Kom., Ph. D.
Kurang lengkap? silakan cek informasi lengkapnya di http://enumeration.eepis-its.edu.

Oiya, jangan lupa. ini yang menjadi syarat umum mengikuti kegiatan-kegiatan di Enumeration, yakni peserta wajib menjadi follower Twitter @enumeration2013 dan sudah like Fanspage Facebook enumeration2013.
Semangat berlomba, wujudkan rasa cintamu akan budaya Indonesia melalui serangkaian kegiatan ENUMERATION 2013.


Artikel terkait :
- Teknologi untuk Budayaku, Budaya Indonesia
- Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk Budaya Indonesia
- B-Comp Enumeration 2013 | Menjadi Blogger yang Benar-Benar Indonesia!
- "Desa Konservasi" Pelestari Budaya Indonesia

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog