Jumat, 29 Maret 2013

Disini saya ingin berbagi tentang coretan yang pernah saya buat,
coretan berikut adalah pengalaman saya pada saat beberapa bulan pertama masuk Teknik Informatika ITS, atau boleh dibilang dengan bahasa lain adalah TC (TeSe) atau Teknik Computer. Coretan ini saya buat untuk tugas perwalian dari SC pengkaderan, dan saat itu saya masih dibimbing oleh mas Tosa sebagai SC saya.
Berikut ini catatannya:




BIODATA
Nama            : Muhammad Najib
Nama Panggilan        : Najib / Ajib
NRP            : 5109100111
Tempat, Tanggal lahir    : Gresik, 29 Mei 1991
Agama            : Islam
Alamat Asal        : Sembungan Kidul No.48 Dukun Gresik
Alamat Surabaya        : Keputih II/26
Asal Sekolah        : SMA Negeri 1 Sidayu Gresik
Pekerjaan Orang Tua    : -
Jalur Masuk ITS        : PMDK berbeasiswa untuk ekonomi lemah
YM            : najibnasich@yahoo.co.id
Gmail            : biozand@gmail.com
Facebook        : biozand@rocketmail.com


Ini Essaiku
Yang Udah Aku Lakukan di Teknik Informatika ITS Selama Ini, Apa Ya????
Untuk permulaan pada essai saya, saya ingin menjelaskan beberapa dari info-info tentang biodata saya di atas. Sebagaimana biodata saya tersebut, saya Muhammad Najib yang biasa dipanggil teman-teman cukup dengan Najib aja. Saya berasal dari Gresik, dari kecil hingga akhir SMA juga masih tinggal di Gresik. Saya adalah anak keenam dari 7 bersaudara (banyak ya??). Tentang orang tua saya, saya adalah putra dari pasangan Muhammad Nasich dan Zahroh. Bapak saya sudah meninggal dunia 5 tahun lalu, tapi alhamdulillah hingga sekarang ibu saya masih sehat walafiat. Dulu bapak saya bekerja sebagai wiraswastawan yang berurbanisasi pulang pergi Gresik-Surabaya, sementara ibu saya hanyalah seorang Ibu Rumah Tangga yang sibuk mengurus rumah dan anak-anaknya. Bapak saya menjadi  tumpuan ekonomi keluarga pada saat itu. Tapi sejak beliau wafat, yang menjadi tumpuan keluarga kami adalah kakak-kakak saya yang hampir seluruhnya bekerja sebagai karyawan toko dekat rumah saya. Mungkin itulah sedikit pengenalan tentang saya dan latar belakang saya.

Masuk Teknik Informatika ITS,
kenapa sih milih ITS?
Awalnya saya juga bingung menjawab pertanyaan ini. Tidak tahu kenapa sejak kelas 1 SMA, saya begitu tertarik pada ITS. Jujur, sebelum saya masuk SMA, tidak ada sedikitpun bayangan dalam pikiran saya tentang Kampus dan perkuliahan. Baru pada saat masa SMA, saya mulai dikenalkan tentang perguruan tinggi di Indonesia. ITS merupakan PTN yang pertama kali saya kunjungi pada saat saya mengikuti sebuah lomba yang diadakan oleh ITS sewaktu kelas 1 SMA. Kesan pertama tersebut membuat saya tertarik dengan kampus perjuangan ini, karena memang sebelumnya saya tidak pernah tahu bagaimana kehidupan mahasiswa dan keadaan kampus sebagai tempat penentu kesuksesan. Yah, itulah kenapa saya milih ITS. Karena saya kadung tertarik pada ITS sejak pertama kali bertemu. Dan Alhamdulillah, saya sekarang akhirnya menjadi mahasiswa ITS beneran.

Kok bisa masuk Teknik Informatika?
Teknik Informatika mungkin sebelumnya tidak pernah terfikir matang untukku masuk dalam jurusan ini. Tapi entah mengapa pada saat saya ingin sekali masuk jurusan ini. Alasan saya pada saat itu, saya ingin bisa menguasai segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi masa kini, karena saya termasuk orang yang gaptek. Sehingga harapan saya masuk jurusan ini tuh biar nggak gaptek lagi. Di samping itu, alasan saya masuk Teknik Informatika adalah karena menurut saya Jurusan ini tidak terlalu sibuk  menghapal nama-nama makhluk hidup, tidak terlalu sibuk hapalin sistem periodik unsur, tidak terlalu sibuk begadang untuk menggambar gedung atau proyeksi benda, paling juga sibuknya di komputer. Like This!. Jadi yaaaa tertarik aja untuk masuk Teknik Informatika ITS ini. Saya pun mencoba peruntungan mengikuti PMDK ITS, sengaja saya memilih program berbeasiswa karena setelah saya tanyakan pada guru-guru BP di SMA, saya dinyatakan telah masuk kriteria untuk bisa mengikuti program beasiswa ini. Eh ternyata saya bisa masuk juga di jurusan yang saya pilih. Terima kasih ya Allah…

Kesan Pertama setelah masuk TC?
Waaw, gedungnya bagus. Beruntung saya bisa masuk gedung sebagus ini, yang menurut saya kampus TC merupakan kampus tercantik dari kampus-kampus jurusan lain di ITS. Tapi melihat keadaan itu, saya juga berpikir, pasti yang masuk gedung ini bukan sembarang orang. Pastinya mereka adalah kaum elit yang sangat mengerti seluk beluk tentang teknologi informasi terutama yang berhubungan dengan computer. Sedangkan aku?? Hanyalah seorang arek ndeso yang gaptek banget. Itulah yang membuat saya sangat minder pada saat pertama kali masuk TC ini. Tapi saya bersyukur, teman-teman saya sesama MaBa pun pengertian terhadap arek-arek seperti saya ini. Mereka masih mau menyempatkan waktunya untuk mengajari orang-orang kayak saya ini tentang materi kuliah di TC ini.

Adaptasi dengan TC?
Awalnya saya tidak begitu kerasan dengan keadaan kuliah, maklum lah sebagai MaBa, masih peralihan dari masa-masa SMA. Tapi saya berusaha beradaptasi dengan lingkungan baru saya ini. Sebenarnya saya adalah termasuk seorang yang pemalu dan penakut untuk sekedar menyapa atau berkenalan dengan seseorang yang belum pernah berinteraksi dengan saya. Karena memang saya adalah seseorang yang sulit bergaul di lingkungan baru. Tapi pada saat di TC, saya berpikir apabila saya tidak mengenal lingkungan saya dan teman-teman saya, mana bisa saya hidup tenang di sini (hehehehee). Karena itu mulai dini saya mencoba berinteraksi dengan teman-teman saya seperjuangan ini. Yah, beruntung saya punya mereka, itung-itung bisa bantuin ngerjain tugas-tugas kuliah (hehehehee). Saya juga punya keinginan untuk bisa akrab dengan para senior di TC ini, tujuan saya untuk itu adalah agar pada saat berkumpul di kampus untuk menjalani kuliah masing-masing, jika bertemu dengan senior, kita tidak ada lagi ada rasa sungkan untuk menyapa atau bercakap-cakap layaknya teman biasa. Namun hal itu masih belum  bisa saya lakukan, karena sifat saya tadi yang pemalu dan penakut menghadapi orang yang belum pernah berintraksi dengan saya secara langsung.
Dalam menghadapi materi kuliah yang baru saya kenal (Pemrograman Terstruktur dan juga Sistem Digital), saya sedikit mengalami kesulitan dengan materi-materi ini. Kadang menurut saya, saya merasa level saya belum bisa mencapai untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Seringkali saya Down jika saya menghadapi tugas yang menurut saya sangat sulit untuk saya kerjakan (terutama Pemrograman Terstruktur). Saya sebenarnya ingin memiliki relasi dengan senior yang menurut saya mereka tahu banyak tentang tugas-tugas yang saya tidak mengerti tadi, agar saya nantinya bisa meminta mereka untuk mengajari saya tentang yang tidak saya mengerti dalam materi perkuliahan.

Kegiatan selama di TC
Di samping kuliah, di sela-sela jam kuliah saya juga sering ikut berkumpul dengan teman-teman sesama Arek TC 2009 untuk sekedar ngumpul-ngumpul thok sambil ngerumpi atau ngerjain tugas bareng. Mengenai jadwal kuliah di TC, seringkali saya mengeluhkan ini karena tidak jarang saya pulang malam karena jadwal revisi, asistensi, kuliah Pemrograman Terstruktur, dan lain-lain. Kesan saya tentang teknik informatika yang “nyantai” dan “hanya kerja di komputer” pun hilang. Ternyata kuliah dimanapun pasti sibuk, disibukkan dengan tugas-tugas yang menumpuk dan juga tidak gampang, dan seringkali begadang untuk mengerjakan tugas-tugas itu. Uuuuuuh, ternyata capek juga kuliah di sini. ITS memang benar-benar kampus perjuangan untukku.

Tentang Senior dan Tugas-tugas yang Diberikan
Sebagai Junior, saya wajib menghormati para senior. Meskipun terkadang kami seringkali memiliki rasa benci dalam hati karena sikap mereka pada saat forum-forum seperti interface, dan lain-lain. Tapi kami sadar bahwa sikap tersebut menandakan bahwa mereka peduli dengan komunal kami. Seperti pada saat kami diberikan tugas untuk mengenal satu angkatan, saya sempat berpikir begini, “kenapa sih para senior ngatur-ngatur kita kayak gini. Kenal nggak kenal kan urusan komunal kita sendiri. Kenapa juga mereka ikut campur.” Tapi setelah mengerti tujuan mereka baik,saya pun mencoba untuk melaksanakan tugas tersebut. Sejak diberikannya tugas itu, saya sekarang menjadi lebih akrab dengan teman-teman satu komunal ini. Saya memulainya dengan berkenalan dengan mereka satu-persatu, lalu sering ngumpul-ngumpul bareng, ngerjain tugas bareng, mbacem bareng, minum jus bareng, dan bareng-bareng lainnya (hehehee).

Pada essai ini, saya juga ingin berterima kasih yang sangat peduli dengan komunal kami hingga rela menyisakan waktunya untuk selalu memperingatkan kami untuk saling mengenal satu komunal dan menjaga solidaritas kami semua, demi tercapainya angkatan 2009 yang solid dan bisa diterima sebagai warga TC yang baik. Amiin..

Itu dia coretan saya saat maba. kalau mau lihat muka saya saat maba, ini dia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog