Jumat, 29 Maret 2013

Pernah mendengar ketiga singkatan itu? Nah, coretan ini merupakan salah satu tugas kuliah saat semester 3 tentang basis data yang membahas mengenai ketiga singkatan itu. Monggo disantap.

DFD merupakan singkatan dari Data Flow Diagram, yang memiliki definisi sebagai sebuah representasi grafik dari sebuah sistem. DFD merupakan alat perancangan system yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan system yang mudah dikomunikasikan oleh professional system kepada pemakai maupun pembuat program.

komponen-komponen DFD adalah sebagai berikut :

CDM (Conceptual Data Model) merupakan Model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi obyek-obyek dasar yang dinamakan entitas (entity) serta hubungan (relationship) antara entitas-entitas itu. Biasanya direpresentasikan dalam bentuk Entity Relationship Diagram.

Sedangkan PDM (Physical Data Model) merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik.
Perbedaan antara keduanya dapat dilihat pada tabel berikut :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog