Minggu, 17 November 2013

Sudah menginjak pekan ketiga Saya hidup di Jakarta. Di area Jakarta, kalau ingin pergi jalan-jalan, tak usah kuatirkan biaya yang mahal. Terdapat 2 layanan transportasi umum yang sangat membantu kita menghemat isi dompet, tapi dapat menjangkau perjalanan kita di seluruh area Jabodetabek, hehe.


  1. Busway / Transjakarta
    Di setiap jalan-jalan besar di Jakarta terdapat jalan khusus untuk bis ini yang disebut Busway. Bis Transjakarta ini beroperasi mulai jam 5 pagi hingga jam 10 malam. Untuk menaikinya, kita harus membeli tiket di halte busway terdekat. Dengan tiket seharga Rp 3.500, kita dapat berkeliling mengarungi semua halte di area Jabodetabek, asalkan selama perjalanan Anda tidak keluar dari halte. Murah kan? Berikut penampakan rutenya.

    Jika Anda bingung dengan rute busway, Anda bisa menanyakan kepada petugas transjakarta yang berada di halte maupun yang bertugas di dalam bis. Jika dalam perjalanan Anda membutuhkan lebih dari satu koridor, Anda dapat berpindah melalui halte transit (yang berpotongan, warna putih) dan tidak dikenakan biaya tambahan selama Anda tidak keluar dari halte.

  2. Kereta Commuter / KRL
    Lebih murah, lebih cepat dibandingkan dengan Transjakarta. Jika Transjakarta masih dapat dipengaruhi oleh kondisi kemacetan, KRL tidak seperti itu. KRL memiliki jadwal keberangkatan tetap, sehingga kita dapat merencanakan waktu perjalanan dengan lebih pasti.

    Lebih murah, hanya dikenakan biaya Rp 2.000 untuk perjalanan di dalam kota Jakarta. Namun untuk perjalanan ke luar Jakarta (Bekasi, Bogor, dll) dikenakan Rp 3.500. Untuk menaikinya kita harus memiliki tiket harian berjaminan yang dapat kita peroleh di loket stasiun terdekat dengan membayar jaminan Rp 5.000.
    (tiket harian berjaminan)
    Jika Anda telah menyelesaikan perjalanan dan berniat untuk tidak melakukan perjalanan dengan KRL lagi, Anda bisa menukarkan kartu berjaminan Anda dan memperoleh uang Anda kembali.
    Sama seperti Transjakarta, di KRL kita bisa transit ke ke KRL dengan rute lain tanpa tambahan biaya selama kita tidak keluar dari stasiun.


Tips untuk menentukan perjalanan dengan transjakarta dan KRL adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan stasiun/halte bis yang terdekat dengan tempat asal Anda
  2. Tentukan stasiun/halte bis yang terdekat dengan tempat tujuan Anda
  3. Tentukan rute yang akan Anda lewati
  4. Jika dalam perjalanan Anda memerlukan kedua transportasi ini, usahakan untuk turun di daerah transit yang merupakan tempat transit Transjakarta dan KRL (Ada halte busway dan stasiunnya. Contoh: Gambir, Jakarta Kota)
Selain kedua transportasi ini, juga ada transportasi umum lain seperti Kopaja, Metromini, Angkot. Namun jangkauannya hanya terbatas di daerah kecil dan apabila ingin berpindah ke angkutan lainnya harus bayar lagi.

Sekian infonya, semoga dapat membantu :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog