Kamis, 29 Juni 2023

Hai para pencari ilmu.. Para pembaca yang budiman,Saya ingin berbagi pengalaman menarik saya di tahun ini, di mana saya terlibat dalam bagian data science di Daihatsu Jepang. Sebagai seorang IT yang sering berurusan dengan develop dan maintenance sistem, saya justru malah jarang mempelajari tentang edge computer. Namun, di Daihatsu Jepang, saya diberi kesempatan unik untuk "bermain-main" langsung dengan edge computer. Lah hubungannya apa data science dengan edge computer? Nah ternyata di Jepang banyak menggunakan edge computer ini untuk implementasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Dan pada bulan ini saya pertama kalinya mencoba menggunakan Jetson Nano, salah satu jenis edge computer yang menarik untuk kebutuhan riset proyek saya.

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ZNP2SkE2xJtGPDAqXYywH7TUV5KkKSCH
Jetson Nano adalah sebuah produk edge computer yang dikembangkan oleh NVIDIA. Produk ini merupakan salah satu dari keluarga Jetson yang dirancang khusus untuk keperluan kecerdasan buatan (AI). Dalam keluarga Jetson (ini emang punya keluarga 😂, ada bapak ibu dan sodaranya hahaha), terdapat juga Jetson Xavier dan Jetson TX, yang memiliki performa yang lebih tinggi namun juga dengan harga yang lebih mahal. Saya memilih Jetson Nano karena ingin mencoba sesuatu yang sederhana dan terjangkau bagi pemula seperti saya, cocok juga buat kalian yang ingin memuli tapi hanya memiliki budget yang terbatas. Kalian bisa membeli jetson Nano ini dengan harga mulai dari 3jutaan.

Selain Jetson Nano, saya juga menggunakan Raspberry Pi. Mungkin bagi beberapa orang, Raspberry Pi sudah tidak asing lagi. Raspberry Pi adalah sebuah mini komputer serbaguna yang bisa diprogram dan dikustomisasi sesuai kebutuhan. Dulu, saya hanya mempelajari Sistem Operasi (SisOp) untuk menginstall Linux tanpa memanfaatkannya untuk hal lain. Saya juga pernah menggunakan mikrokontroller Arduino, tetapi saat itu teman satu tim saya yang lebih ahli yang mengurusnya, dan saya hanya bertugas untuk melihat saja.

.https://drive.google.com/uc?export=view&id=1M05duPHgaMAULG5CgDtxCePuh8aMv2P0
(tampilan mode desktop Raspberry Pi)

Lalu, apa kegunaan edge computer seperti Jetson Nano dan Raspberry Pi dalam penerapan AI, terutama di Pabrik Manufaktur? Nah, dalam pabrik manufaktur, terdapat banyak data yang dihasilkan dari berbagai sensor dan perangkat yang terhubung. Edge computer digunakan untuk memproses data secara langsung di tempat (on-site), tanpa perlu mengirimkannya ke server jarak jauh. Hal ini memberikan keuntungan dalam hal waktu respon yang lebih cepat, mengurangi latensi, dan menjaga privasi data.

Dalam konteks pabrik manufaktur, edge computer dapat digunakan untuk menerapkan AI dalam berbagai aspek, seperti pemantauan kualitas produk secara real-time, prediksi kerusakan mesin, optimisasi rantai pasok, dan banyak lagi. Jetson Nano dan Raspberry Pi memberikan keleluasaan dan fleksibilitas bagi para pengembang untuk mengimplementasikan solusi AI di lokasi dengan ukuran dan anggaran yang lebih terjangkau.

Di akhir coretan ini, saya ingin memberikan semangat untuk terus berbagi ilmu dan kebahagiaan melalui tulisan di blog. Meskipun saat ini banyak orang beralih ke media sosial, blog tetap memiliki tempatnya sendiri. Dengan menulis, kita dapat menyebarkan pengetahuan, menginspirasi orang lain, dan terus mengasah kemampuan komunikasi kita. Jadi, mari tetap eksis menulis dan berbagi ilmu kepada dunia!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di coretan selanjutnya!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog