Jumat, 06 November 2020

Astra Daihatsu Motor menjadi perusahaan yang saya kagumi dengan penerapan budaya kerja yang sangat baik. ADM memiliki core value yang melekat ke semua karyawannya dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari, yang bermanfaat tak hanya dalam pekerjaan bahkan pun di luar kepentingan pekerjaan. Core Value tersebut adalah ICARE (Integrity, Commitment, Accountability, Respect, Excellent Innovation). Penerapan core value ini dilakukan menyeluruh dan tersistem ke seluruh karyawan, dan dalam pelaksanaannya juga sejalan dengan visi dan misi ADM (mengutamakan kebahagiaan, keselamatan dan kualitas melalui budaya perusahaan yang kuat).
ADM selalu berusaha meningkatkan kualitas karyawan serta proses internalnya dan tercantum dalam poin Excellent Innovation. Salah satu penerapan budaya kerja Excellent Innovation adalah dengan bentuk Suggestion System dan Quality Control Circle, program ini membiasakan karyawan agar selalu melakukan perbaikan di sisi proses, sistem, serta perilaku karyawannya. Setiap proses bisnis di ADM memiliki standar atau SOP yang jelas yang disepakati oleh atasan dan juga pihak-pihak yang terlibat dan juga dievaluasi secara berkala. Hal ini menunjukkan bahwa ADM menerapkan prinsip Good Corporate Governance. 
Selain dengan penerapan budaya kerja yang baik di internal karyawan, ADM juga selalu mengusahakan peningkatan di bidang usaha manufaktur otomotif agar tetap berkesinambungan. Astra Daihatsu Motor sebagai agen pemegang merk Daihatsu di Indonesia dan manufactur otomotif kendaraan roda empat, selalu mengusahakan pengembangan usaha bisnis termasuk di dalamnya adalah bisnis ekspor mobil. Selain penjualan di area domestik, ADM juga telah mengekspor ke total 38 negara (data per 2017), dan terus meningkatkan kualitas produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar. 

Saat ini volume ekspor mobil oleh ADM sudah mencapai lebih dari 100.000 per tahunnya, dan untuk ekspansi volume ekspor ini, ADM melakukan kolaborasi dengan stakeholder (TMAP / Toyota Motor Asia Pasific, TDEM / Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing, dan TMC / Toyota Motor Corporation). Hal ini menunjukkan eksistensi ADM dalam pengelolaan bisnisnya sebagai manufaktur kendaraan bermotor dan sekaligus sebagai usaha ADM dalam pengembangan bisnis ekspornya agar tetap dapat berjalan dengan baik. 

Astra Daihatsu Motor memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang secara konsisten dilakukan dan dinaungi oleh divisi General Affair. Ada 4 program utama CSR ADM yakni Sehat bersama Daihatsu, Pintar bersama Daihatsu, Hijau bersama Daihatsu, dan Sejahtera bersama Daihatsu. 

Sehat bersama Daihatsu berfokus pada kontribusi perusahaan dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat demi mewujudkan Generasi Sehat. Pintar bersama Daihatsu berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan seiring dengan perkembangan perusahaan. Hijau bersama Daihatsu berperan dalam mengurangi dampak lingkungan dan kontribusi dalam pelestarian keanekaragaman hayati, sementara Sejahtera bersama Daihatsu merupakan komitmen untuk pertumbuhkembangan bersama masyarakat dengan pemberdayaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Gambar di atas adalah penjelasan mengenai 4 program Daihatsu, dan dokumentasi yang di atas adalah sebelum masa pandemic. Berlanjut di masa pandemic pun, ADM tetap mengusahakan untuk konsisten menjalankan program social responsibility dengan memberikan bantuan penanggulangan COVID-19, salah satunya di daerah Karawang sebagaimana ditampilkan di bawah ini




Demikian penjelasan saya mengenai implementasi Catur Dharma di lingkungan Astra Daihatsu Motor. Semoga hal ini dapat menginspirasi kepada kita semua untuk tetap memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog