Sabtu, 07 November 2020


Sudah lama tidak memaintain blog, saya pertama lihat ada yang janggal di situs blog saya, yakni di bagian sebelah kiri tampilan URL nya ini.


Di situ terlihat tulisan "Not Secure", atau di beberapa browser yang menggunakan Bahasa Indonesia terlihat "tidak aman". Tampilan seperti ini biasanya muncul ketika websitenya memang tidak memiliki security yang baik, sehingga memunculkan kesan tidak aman kepada pengunjung website atau blog yang melihatnya. Jika diklik tulisan "Not Secure" akan muncul keterangan berikut ini: 


Gatel dong tangan ini, jadi saya pengen ubah, karena harusnya memang website yang aman tercantum tanda gembok atau tulisan "secure".

Lalu gimana caranya mengubah blog kita menjadi secure? Nah disini saya coba share ya. Ternyata gampang banget, nggak sesusah kalau kita maintain punya website sendiri, karena blogger sudah menyediakan fungsinya.
Untuk mengubah menjadi "Secure", kita ubah setting akses website kita menjadi HTTPS. Caranya adalah kita masuk dulu ke tampilan blogger. Jangan lupa sign in ya, lalu masuk ke bagian setting.

Setelah masuk bagian setting, kalian bisa cari settingan HTTPS. Untuk koneksi yang tidak aman / not secure, bagian ini biasanya tersetting tidak aktif, karena itu untuk membuatnya jadi secure, pastikan untuk mengaktifkan bagian ini.
Jika sudah, tinggal tunggu beberapa detik, website mu akan berubah menjadi "aman". Dengan begitu, para pengunjungnya tidak khawatir untuk mengunjungi blogmu.
Selamat mencoba.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Najib Nasich Blog