Perjalanan Saya di Daihatsu

Dear para pembaca, 
Di coretan kali ini saya narsis dulu ya, saya ingin ceritakan perjalanan saya di Astra Daihatsu Motor (ADM) dari mulai masuk di tahun 2013 sampai sekarang. Karena kebetulan di tanggal 15 November 2020 ini sebagai momen genap 7 tahun saya bekerja sebagai karyawan ADM.

Proses Rekrutmen
Saya mengikuti rekrutmen ADM saat setelah lulus kuliah di Bursa Karir ITS di Surabaya, sekitar bulan Agustus 2013. Proses administrasi dan psikotes lulus, alhamdulillah dipanggil wawancara. Beruntungnya saya hanya menjalani proses wawancara 2 kali saja, yang harusnya ada proses wawancara dengan HRD, user, lalu dengan direktur, namun saya hanya menjalani hingga sampi level user yang dulu diwakili oleh Division Head saya yang sekarang menjabat sebagai atasan saya. Proses rekrutmennya menurut saya terbilang cukup cepat, beruntungnya lagi keseluruhan proses wawancara dan tes kesehatan dilakukan di Surabaya sehingga saya tidak perlu bolak balik ke Jakarta, dan saat di Jakarta tinggal proses tanda tangan berkas dan registrasi karyawan baru. Dan tanggal 15 November 2013 menjadi hari pertama saya menjadi karyawan ADM.

Sudah di Jakarta sebelum masuk ADM
Yap, jadi sebelum saya masuk di ADM, tepat di 29 Oktober 2013 saya berangkat ke Jakarta dalam rangka ditugaskan oleh dosen saya untuk join project di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat diminta oleh dosen saya, saya sudah menginformasikan bahwa saya masih menunggu pengumuman dari ADM. Ketika saya diumumkan lolos, maka saya tidak bisa melanjutkan untuk mengikuti project dosen saya ini. Dan akhirnya pun benar lolos, saya beruntung sekali lagi. Pemberangkatan ke Jakarta saya tidak perlu memakan biaya karena sudah dicover dari project dosen saya. Tempat tinggal di awal kerja pun sudah ada, yang juga dicover dari project itu, walaupun lokasinya sangat jauh dengan ADM tapi lumayanlah buat menghemat masa awal awal di Jakarta.

6 Bulan Pertama
Seperti yang disebutkan sebelumnya, saya terhitung menjadi karyawan di ADM di tanggal 15 November 2013. Di masa masa awal 6 bulan bekerja ini saya lewati dengan masa On Job Training (OJT). Saya ditraining mulai dari basic informasi seputar perusahaan ADM, pemahaman tentang safety di area kerja, serta pemahaman tentang proses produksi di pabrik. Saya juga dalam kurun waktu 6 bulan pertama juga sempat ditrining "magang" di area sales operation selama 1 bulan. Saya belajar menjadi sales yang ditempatkan di area Jayakarta, dari situ lumayan lah saya mendapatkan pengetahuan tentang jualan produk Daihatsu, sekaligus mempelajari produk-produk mobil Daihatsu.
Selepas dari "magang sales", barulah saya masuk di Divisi Corporate IT (CIT), Divisi tempat saya bekerja sampai sekarang ini. Sampai dengan Mei 2014 (antara Mei atau Juni saya lupa), saya dipindahtugaskan ke Karawang. Masih di Divisi Corporate IT, namun ini spesial untuk menangani sistem produksi di pabrik Karawang Assembly Plant.



Berencana 2 Tahun saja di Jakarta-Karawang, Aktualnya hmmm.. Lihat Nanti Deh
Setelah pindah ke Karawang, sebulan sebelum pengangkatan saya berpikir untuk "lanjut atau tidak ya di ADM?". Beberapa bulan merasakan kehidupan di Jakarta dan Karawang yang jauh dari saudara dan ibu, saya merasa pengen kembali pulang saja. Meskipun saat masa kuliah juga tidak tinggal bersama saudara dan orangtua, namun jarak antara kampus saya (ITS Surabaya) dan rumah (Gresik) hanya dengan perjalanan 2 jam saja. Kondisi tersebut sangat berbeda ketika saya di Jakarta atau Karawang, untuk pulang saja harus mikir kapan, mikirin tiket pulang, sedangkan saat di Surabaya nggak pernah mikir seperti itu, ya tinggal pulang saja kalau pengen.
Tapi, setelah dipikir-pikir, pengen ngumpulin duit dulu. Jadi saya rencanakan 2 tahun merantau jauh dari kampung halaman. Tapi sekarang? saya masih saja bekerja di ADM karena satu dan lain hal, hahaha. Lain kali deh ceritanya.

Bekerja sambil Kuliah di UI
Tahun 2015 akhir, saya merasa rindu dengan suasana kampus. Saya mendadak pengen kuliah lagi. Saat dadakan itu saya iseng coba ikuti SIMAK UI, eh lha kok lolos. Pas ada duit buat daftar ulang juga, ya masuk lah jadi mahasiswa baru UI, angkatan 2015 tapi masuk di semester genap. Perkuliahan dimulai di Januari 2016.
Status terakhir pekerjaan, yah betul di waktu itu saya masih di ADM Karawang, lalu saya pun mengajukan untuk pindah lokasi kerja di Sunter (balik lagi). Alhamdulillah keinginan itu dapat dikabulkan oleh atasan saya, akhirnya saya pun dipindahkan, walau sempat juga bolak balik pulang pergi Karawang Jakarta selama di Semester 1. Pagi saya berangkat ke Karawang untuk bekerja, sore saya perjalanan pulang ke Jakarta dan malam saya lanjut kuliah di Salemba. Begitu saya lakukan selama 1 semester awal kuliah di MTI UI.

Balik ke Jakarta
Saya kembali lagi ke area Head Office ADM Sunter di Agustus 2016, waktu itu ada rekan kerja yang resign, saya menggantikan posisi job nya dia. Tidak lama setelah itu pun ada perombakan struktur organisasi CIT selama 2 kali hingga saya di posisi sekarang ini, yakni menangani IT System Development.
Oh ya nyambung masalah kuliah, Di Jakarta saya sehari-hari masih dengan rutinitas yang sama dengan sebelumnya dengan bekerja di pagi hari, dan kuliah di malam hari, sampai akhirnya di Januari 2018 alhamdulillah saya sudah bisa lulus kuliah.
Sekarang gimana? Lalu jadinya kapan balik kampungnya?
Ya jalanin saja dulu lah ya. Tentang kapan balik kampung, itu dipikir nanti. 😋

Sekian cerita tentang saya di ADM.
Semoga lain kali dapat saya ceritakan lagi perjalanan hidup saya dari sisi lainnya.

Terima kasih sudah membaca 😉
Jumat, 13 November 2020

Kelar Training AFMP


Dua minggu terakhir menjadi hari-hari sibuk saya selama WFH. Saya mengikuti training AFMP (Astra First-Line Management Program) yang diselenggarakan oleh AMDI dan baru berakhir hari ini. Training dilakukan secara virtual selama 10 hari kerja, cukup melelahkan dengan tugas-tugas yang tiada hentinya di setiap hari. Namun ada keseruan-keseruannya juga, kita para peserta training sempat membuat karya video sebagai kenang-kenangan masa training AFMP ini, Nah kebetulan saya yang jadi editor videonya. Ini dia video persembahan dari angkatan saya, AFMP 137.

Selain itu, ada video untuk kelompok juga, untuk mengenalkan satu per satu anggota kelompok serta  yel-yel. Nah ini dia video kelompok saya, Korona19:

Sekalian saya promosi channel youtube saya ya, jangan lupa subscribe, komen dan like Channel Najib Nasich. Saya upload videonya random sih, tapi nggak jauh-jauh dengan daily activity saya.

Demikian coretan kali ini, semoga menginspirasi.

Terima kasih.

Secret of Outlook

Teman-teman yang punya email, terutama yang kerja kantoran, pasti familiar dengan Microsoft Outlook kan? Nah di coretan ini saya ingin share beberapa "rahasia" atau menu-menu yang jarang kita tahu dari Microsoft Outlook. Cekidot. Oh iya kalau gambarnya kurang jelas, diklik saja ya.


Quick Part memungkinkan kita untuk menyimpan format email yang biasa kita gunakan untuk dimasukkan dalam email kita. Contohnya bagian penutup email bisa kita simpan dalam quick part ini (walaupun sebenarnya bisa menggunakan menu signature). Pada intinya apa yang sering kita tulis bisa kita simpan dalam quick part ini. Caranya adalah, saat kita compose mail, blok tulisan yang akan kita simpan, lalu ke menu insert > Quick Parts > Save Selection to Quick Part Gallery. Untuk menggunakan template quick part yang sudah kita simpan, bisa menggunakan cara sesuai di gambar.

Tampilan preview list email kita yang saat ini kita gunakan di Outlook, sebenarnya bisa kita ubah-ubah loh. Untuk tampilan preview emailnya bisa dipilih dari 1 line, 2 line, atau 3 line, atau kita bisa juga matikan tampilan ini (tidak ada preview isi email).

Launch Folder artinya folder email default yang akan ditampilkan saat pertama memunculkan tampilan outlook. Biasanya yang kita pertama kali buka adalah inbox, tapi sebenarnya kita bisa ubah sesuai mau kita dengan ke menu outlook options, di bagian Advanced, cari bagian Outlook start and Exit. Di sana bisa kita temukan settingan Launch Folder.

Ini mungkin sering kita butuhkan ketika kita akan cuti, atau tidak bisa masuk kantor karena urusan di luar kerjaan. Bisa kita setting dari tanggal kapan sampai kapan, juga bisa kita bedakan email yang keluar organisasi kita dan yang untuk internal organisasi kita (based on domain).

Ini salah satu yang jadi andalan saya, karena seringkali ada kebutuhan melihat kalendar dan melihat email di saat bersamaan, dimana ketika dalam 1 window, saya tidak bisa mengaksesnya sekaligus. Untuk itu kita bisa siasati dengan New Window, jadi satu window buat lihat list preview email, satunya lagi untuk cek kalender.

Delay Delivery berarti kita bisa setting email yang akan kita kirimkan tidak harus langsung terkirim, tapi untuk waktu yang kita tentukan sendiri di masa yang akan datang, dengan menggunakan Delivery Option: Do not deliver before.

Apa yang kita cari menggunakan search, bisa kita simpan sebagai salah satu shortcut folder loh, biar nggak perlu ngetik search nya lagi. 

Quick step adalah cara cepat yang digunakan untuk mengakses beberapa action email saat kita melihat view list email. jadi dengan quick step, kita bisa tinggal klik kanan, lalu pilih quick step yang kita define. Contohnya, dari email yang kita pilih, kita klik kanan dan pilih icon folder PAS (quick step yang didefine: pindahkan email ke folder PAS)

Ini untuk mengetahui mailbox size kita yang tersimpan di server. Tinggal ikuti cara yang di atas.

Open Calendar yang bukan punya kita, tapi punya orang lain yang masih dalam satu organisasi dengan kita. Bisa dilakukan dengan cara di atas.


Flagged mail artinya email email yang ditandai sebagai email yang perlu difollow up, kita perlu menentukan kapan kita follow up email tersebut. untuk mengakses semua flagged email, bisa dilakukan cara di atas (di bagian search bisa dipilih Search Flagged email)

Sebenarnya email yang ditampilkan di outlook, ada penampungnya. semua tersimpan dalam file pst. kita juga bisa membuka file email ini dengan cara Open Other Mail Data seperti gambar di atas.


Demikian sharing dari saya mengenai fitur-fitur di Outlook yang mungkin kalian baru tahu, atau juga sebagian dari kalian sudah tahu juga. Semoga bermanfaat.
Senin, 09 November 2020

Kunci Kesuksesan

Di coretan ini saya ingin membagikan mengenai Kunci Kesuksesan atau Key of Success. Bukan berarti saya bilang "Kunci Sukses adalah Key of Success" ya, hehe. Tapi ini beneran saya ingin share mengenai apa yang saya dapatkan dari training yang sedang saya ikuti.


Hari ini saya mendapatkan message yang bagus dari training Astra mengenai kunci keberhasilan. Saya sedang mengikuti training dari Astra, dan salah satu sesinya ada sesi Executive Sharing dari CEO BMW Astra, Bapak Fredy Handjaja. Dalam sesi sharing tersebut beliau menyampaikan ada 5 kunci kesuksesan yang harus kita punya. Nah kita bahas satu-satu ya.


Purpose

Purpose disini berarti tujuan hidup. Hal ini akan menjadi motivasi kita untuk mencapai tujuan kita, apa yang ingin kita capai dalam hidup ini. Semisal, kita ingin menjadi seorang manager, untuk bisa menghidupi anak istri dan menguliahkan anak sampai ke luar negeri. Tentunya dengan adanya tujuan hidup, kita termotivasi untuk melakukan segala sesuatu untuk mendukung terwujudnya tujuan tersebut.


Positive

Dalam hidup ini, pasti kita pernah merasa "kenapa aku memiliki kekurangan ini ya, apakah ada yang salah?". "kenapa Tuhan menakdirkanku di posisi pekerjaan saat ini ya?". Di bagian ini, kita harus berpikir positif, bahwa setiap kondisi pasti memiliki alasan yang baik. Positive thinking ini akan membawa kita tetap menjadi kekuatan kita untuk melakukan hal-hal yang positif juga.


Passion

Passion menjadi salah satu kunci kesuksesan. Jika kita fokus pada pengembangan passion kita, akan menjadi pemercepat kita untuk mencapai kesuksesan atau tujuan yang kita inginkan.


Persistent

Setiap permasalahan harus kita selesaikan, menyerah bukan solusi. Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing, dan orang sukses pasti dulunya memiliki painfull story dalam menghadapi masalah-masalahnya terdahulu. Ketangguhan atau persistent dalam menghadapi masalah ini menjadi salah satu kunci kesuksesan.


Pray

Terakhir tapi bukan yang paling akhir, tentunya apa yang menjadi usaha kita tidak akan terjadi jika Tuhan memang tidak akan menghendaki. Usaha yang kita lakukan perlu diiringi dengan doa, dan percaya bahwa Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita, menunjukkan jalan kesuksesan kita dengan usaha-usaha kita.


Ya demikianlah sharing yang saya dapatkan, pesan terakhir dalam kunci kesuksesan, "Success occurs when opportunity meets preparation", yang artinya sukses akan tercipta ketika kesempatan yang datang kepada kita dapat kita terima dengan kesiapan diri kita mengambil kesempatan tersebut.

semoga dapat menginspirasi

Blogmu Tidak Aman / Not Secure?


Sudah lama tidak memaintain blog, saya pertama lihat ada yang janggal di situs blog saya, yakni di bagian sebelah kiri tampilan URL nya ini.


Di situ terlihat tulisan "Not Secure", atau di beberapa browser yang menggunakan Bahasa Indonesia terlihat "tidak aman". Tampilan seperti ini biasanya muncul ketika websitenya memang tidak memiliki security yang baik, sehingga memunculkan kesan tidak aman kepada pengunjung website atau blog yang melihatnya. Jika diklik tulisan "Not Secure" akan muncul keterangan berikut ini: 


Gatel dong tangan ini, jadi saya pengen ubah, karena harusnya memang website yang aman tercantum tanda gembok atau tulisan "secure".

Lalu gimana caranya mengubah blog kita menjadi secure? Nah disini saya coba share ya. Ternyata gampang banget, nggak sesusah kalau kita maintain punya website sendiri, karena blogger sudah menyediakan fungsinya.
Untuk mengubah menjadi "Secure", kita ubah setting akses website kita menjadi HTTPS. Caranya adalah kita masuk dulu ke tampilan blogger. Jangan lupa sign in ya, lalu masuk ke bagian setting.

Setelah masuk bagian setting, kalian bisa cari settingan HTTPS. Untuk koneksi yang tidak aman / not secure, bagian ini biasanya tersetting tidak aktif, karena itu untuk membuatnya jadi secure, pastikan untuk mengaktifkan bagian ini.
Jika sudah, tinggal tunggu beberapa detik, website mu akan berubah menjadi "aman". Dengan begitu, para pengunjungnya tidak khawatir untuk mengunjungi blogmu.
Selamat mencoba.
Sabtu, 07 November 2020
Tag :

Kontribusi ADM untuk Indonesia

Astra Daihatsu Motor menjadi perusahaan yang saya kagumi dengan penerapan budaya kerja yang sangat baik. ADM memiliki core value yang melekat ke semua karyawannya dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari, yang bermanfaat tak hanya dalam pekerjaan bahkan pun di luar kepentingan pekerjaan. Core Value tersebut adalah ICARE (Integrity, Commitment, Accountability, Respect, Excellent Innovation). Penerapan core value ini dilakukan menyeluruh dan tersistem ke seluruh karyawan, dan dalam pelaksanaannya juga sejalan dengan visi dan misi ADM (mengutamakan kebahagiaan, keselamatan dan kualitas melalui budaya perusahaan yang kuat).
ADM selalu berusaha meningkatkan kualitas karyawan serta proses internalnya dan tercantum dalam poin Excellent Innovation. Salah satu penerapan budaya kerja Excellent Innovation adalah dengan bentuk Suggestion System dan Quality Control Circle, program ini membiasakan karyawan agar selalu melakukan perbaikan di sisi proses, sistem, serta perilaku karyawannya. Setiap proses bisnis di ADM memiliki standar atau SOP yang jelas yang disepakati oleh atasan dan juga pihak-pihak yang terlibat dan juga dievaluasi secara berkala. Hal ini menunjukkan bahwa ADM menerapkan prinsip Good Corporate Governance. 
Selain dengan penerapan budaya kerja yang baik di internal karyawan, ADM juga selalu mengusahakan peningkatan di bidang usaha manufaktur otomotif agar tetap berkesinambungan. Astra Daihatsu Motor sebagai agen pemegang merk Daihatsu di Indonesia dan manufactur otomotif kendaraan roda empat, selalu mengusahakan pengembangan usaha bisnis termasuk di dalamnya adalah bisnis ekspor mobil. Selain penjualan di area domestik, ADM juga telah mengekspor ke total 38 negara (data per 2017), dan terus meningkatkan kualitas produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar. 

Saat ini volume ekspor mobil oleh ADM sudah mencapai lebih dari 100.000 per tahunnya, dan untuk ekspansi volume ekspor ini, ADM melakukan kolaborasi dengan stakeholder (TMAP / Toyota Motor Asia Pasific, TDEM / Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing, dan TMC / Toyota Motor Corporation). Hal ini menunjukkan eksistensi ADM dalam pengelolaan bisnisnya sebagai manufaktur kendaraan bermotor dan sekaligus sebagai usaha ADM dalam pengembangan bisnis ekspornya agar tetap dapat berjalan dengan baik. 

Astra Daihatsu Motor memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang secara konsisten dilakukan dan dinaungi oleh divisi General Affair. Ada 4 program utama CSR ADM yakni Sehat bersama Daihatsu, Pintar bersama Daihatsu, Hijau bersama Daihatsu, dan Sejahtera bersama Daihatsu. 

Sehat bersama Daihatsu berfokus pada kontribusi perusahaan dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat demi mewujudkan Generasi Sehat. Pintar bersama Daihatsu berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan seiring dengan perkembangan perusahaan. Hijau bersama Daihatsu berperan dalam mengurangi dampak lingkungan dan kontribusi dalam pelestarian keanekaragaman hayati, sementara Sejahtera bersama Daihatsu merupakan komitmen untuk pertumbuhkembangan bersama masyarakat dengan pemberdayaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Gambar di atas adalah penjelasan mengenai 4 program Daihatsu, dan dokumentasi yang di atas adalah sebelum masa pandemic. Berlanjut di masa pandemic pun, ADM tetap mengusahakan untuk konsisten menjalankan program social responsibility dengan memberikan bantuan penanggulangan COVID-19, salah satunya di daerah Karawang sebagaimana ditampilkan di bawah ini




Demikian penjelasan saya mengenai implementasi Catur Dharma di lingkungan Astra Daihatsu Motor. Semoga hal ini dapat menginspirasi kepada kita semua untuk tetap memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara kita.
Jumat, 06 November 2020
Tag :

Menulis Lagi?

Jadi, sudah lama sekali tidak ada coretan blog lagi disini. Nih terakhir bisa dilihat di capture di bawah ini


Lihat tuh posting terbaru saja di tahun 2016, itu pun saya masih kuliah S2, dan saat ini sudah lulus tepatnya sudah lulus di tahun 2018 lalu.
Sudah lama tidak menulis blog lagi karena memang sudah tidak ada semangat menulis. Kira kira apa yang akan membuat saya menulis lagi?
Apa akan saya ceritakan beberapa cerita menarik saya dalam masa kerja? atau masih menulis tentang materi perkuliahan waktu di S2?
Oh iya, saya sudah menikah loh di tahun 2018 sesaat setelah lulus kuliah, dan saat ini pun sudah punya 1 anak laki laki. Apakah saya akan menceritakan "menarik"nya kehidupan rumah tangga saja? atau menceritakan betapa lucunya si kecil buah hati saya dan istri? Coba kasih masukan dong.
Saya sebenarnya ingin terus menulis agar terbiasa, eh malah lama nggak menulis, di pekerjaan juga seringnya meeting dan troubleshooting, bukan menulis paragraf panjang seperti ini (ya meskipun sebenarnya ada juga bagian untuk penulisan pemaparan seperti ini, tapi entah kalau masalah kerjaan biasanya buntu, kata-katanya sulit keluar). Nah sebagai ganti menulis, saya juga sempat sesekali buat konten untuk mengisi waktu luang (padahal kerjaan banyak, malah ngerjain yang lain).
Ya, content creator (tapi cuma kadang kadang aha nguploadnya, hehe), dan konten konten saya berupa video yang saya upload di Youtube.
Yuk boleh dong disubscribe channel saya, di Channel Youtube Najib Nasich.
Emang upload konten apa sih Jib? sebenarnya masih campur aduk sih karena saya sendiri belum nemuin formula yang tepat buat konten channel saya. Jadi ya uploadnya yang saya pengen aja. Hehe.

Udah gitu aja, saya cuma pengen melampiaskan hasrat untuk menulis di blog ini karena sudah lama sekali, biar gak sepi dan gak mati nih blog.
Senin, 26 Oktober 2020

- Copyright © Najib Nasich Blog